BThemes

Pages

Sabtu, 08 Maret 2014

SANTRI TERKENAL KARENA BEDA


Kholif tu'rof, berbedalah maka engkau dikenal. Demikian kata pepatah yang mengajarkan tentang perbedaan dan keterkenalan atau populer. Jika ia berbeda dengan yang lain, atau lain dari pada yang yang lain maka ia akan dikenal. Perbedaan mempermudah pengenalan. Tiada didunia ini suatu hal yang sama, karena agar mudah dikenali. Perbedaan bukan dijadikan alasan untuk meremehkan atau merendahkan dan menghina tetapi untuk mengenal lebih jauh.

Siapa pun orang yang ingin dikenal atau terkenal dan populer maka ia harus memiliki hal yang beda dengan yang lain. Jika perbedaan itu menunjukkan sisi positif maka ia dikenal baik, dan jika ia berbeda karena hal-hal negatif maka ia akan dikenal jelek. Potensi yang baik kembangkan sehingga melebihi dari potensi yang dimiliki oleh orang lain meski hanya selisih 0,0000000001. Itu perbedaan yang amat kecil, tetapi tetap menunjukkan perbedaan. Seleksi yang dilakukan untuk memilih satu yang terbaik maka selisih yang sedikit itu sudah cukup untuk membuatnya terpilih.

Kalian, para santri ingin dikenal atau terkenal ? buatlah diri kalian berbeda dengan yang lain semisal, ini hanya contoh lho!: Amirudin dikenal karena ia memiliki suara yang lebih bagus saat membaca al-Qur'an dan dia adalah santri pertama putra sekaligus lurah awal pesantren mahasiswa An Najah. Eka Safitri dikenal karena ia santri pertama putri Pesma An Najah, ia yang ikrar pertama kali untuk jadi santri saat pesantren ini baru disiapkan. Eka dikenal karena semangatnya yang kuat. Windiastuti dikenal karena ia adalah lurah putri pertama di Pesma An Najah dan ia sangat telaten membantu kerja ibu pengasuh. Haris dikenal karena ia yang kerja keras memperbaiki genteng bocor, air mampet, ngantar gus Faqih, dan semua pekerjaan yang butuh keterampilan tangan termasuk menjadi supir pengasuh. Rowin dikenal karena menjadi asisten asatidz untuk mengisi kajian kitab saat mereka berhalangan. Ia adalah "penerbang" yang berarti pandai menabuh terbang, thang, thang, dung, dung dan bersholawat di samping saat ini menjadi lurah Pesma An Najah. Dimas, ia dikenal karena pandai menulis puisi, peserta pertemuan sastrawan melayu se ASEAN di Padang, sekaligus bos pengelola Buletin Bener FKUB Banyumas. Taufik dikenal karena tulisan kaligrafinya bagus sebagus orangnya.Ngguyuo Fik, ben tambah gantheng ! dan masih banyak lagi santri-santri yang punya "sesuatu yang beda" yang lain, seperti pandai bahasa Inggris, pidato bahasa Arabnya. Ada juga yang dikenal karena sregeb mbantu ibu pengasuh nyeterika, nyapu, atau mbantu pesantren untuk bersih-bersih, angkat-angkat, dan lainnya.

Siapa yang ingin ingin menyusul jadi santri terkenal? Selain prestasi yang dicontohkan di depan, masih banyak yang bisa kalian lakukan semisal; membantu pesantren tanpa disuruh, contohnya input data, ngetik, nyuci mobil pengasuh, nyetrika, tepat mebayar syahriyah, nata sandal, dan lainnya. Hindarkan diri dikenal karena hal-hal negatif seperti dikenal karena banyak tidur, banyak makan, malas, banyak bicara, suka mengganggu temannya, dan lainnya. Berbuatlah dengan sungguh-sungguh untuk menjadi yang terbaik, nanti kalian akan meraihnya meskipun presatasi kalian di atas hanya beberapa poin saja selisihnya.

Bismillah, mulailah dari sekarang. Berusaha keras di atas yang lain. berdo'a khusyu' ikhlas di lebih dari yang lain. Fastabuqul khairot ! Prestasi dan kesuksesan akan menjemput kalian.

0 komentar:

Posting Komentar